Jumat, 28 Februari 2014

TIPS BELADIRI

Angka kejahatan dari hari ke hari semakin meningkat. Jelas kita semua selalu mengharapkan dan berdoa agar diberi keselamatan, namun kejahatan ada disekitar kita, dan bisa jadi kita lah yang akan menjadi target kejahatan tersebut. Untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang gak diinginkan, banyak orang yang memutuskan untuk belajar bela diri, baik belajar bela diri otodidak atau ikut bergabung dengan kegiatan bela diri setempat. Namun gak semua orang punya waktu dan minat untuk mempelajari bela diri. Terlepas dari hambatan-hambatan yang ada, sangat disarankan bagi siapapun, untuk setidaknya mempelajari teknik-teknik membela diri dalam keadaan terdesak, atau setidaknya tau hal-hal yang perlu dilakukan apabila berada dalam situasi yang membahayakan. Berikut ini adalah beberapa cara bela diri mudah, dan segala hal yang terdapat di artikel ini dapat dilakukan baik oleh pria maupun wanita.
Yang pertama sebaiknya dilakukan adalah berteriak. Teriak aja "GAK USAH DEKAT-DEKAT" atau "BRENGSEK," lalu dorong aja si pelaku. Hal ini berguna untuk memberi kesan pada si pelaku, bahwa anda bukanlah sasaran yang mudah. Dengan berteriak, anda juga sekaligus memberikan pertanda ke orang-orang sekitar kalo anda butuh bantuan. Anda harus menunjukkan kalo anda kuat. 
Lalu yang kedua adalah anda harus mengetahui titik-titik lemah pada tubuh manusia. Serangan pada titik-titik jelas akan menimbulkan rasa sakit, namun pengetahuan anda akan titik-titik akan membuat serangan anda menjadi efektif dan efisien. 
cara bela diri mudah barengfaris
Titik Kelemahan Tubuh

Ingat juga bahwa anda sedang mempertahankan diri, jadi lebih baik anda diam ditempat, atau mundur perlahan. Jangan menghampiri si pelaku untuk menyerang, lihatlah keadaan. Misalkan, jangan maju untuk mengincar matanya kalo anda bisa menyerang tulang kering dengan kaki. Tetaplah tenang, fokus, dan ingat lagi bahwa anda sedang mempertahankan diri, jadi gak perlu kasian sama si pelaku. Begitu ada kesempatan, serang aja, colok matanya, pukul hidungnya, tendang dengkulnya. Anda gak perlu belajar bela diri karate untuk melakukan hal-hal tersebut kan. Berikut ini ada beberapa foto cara mempertahankan diri, berasal dari sini.
cara bela diri mudah barengfaris.blogspot.com
Serangan Ke Hidung
cara bela diri mudah barengfaris.blogspot.com
Variasi Serangan Ke Hidung
cara bela diri mudah barengfaris.blogspot.com
Serangan Ke Leher
cara bela diri mudah barengfaris.blogspot.com
Serangan Ke Dengkul, Gunakan Telapak Kaki & Gerakan Menginjak
Tips yang ketiga adalah gunakan taktik. Hemat tenaga anda, gak perlu menyerang membabi buta. Kalo anda jadi lemah karena kehabisan tenaga sedangkan bantuan gak kunjung datang atau si pelaku masih kelihatan bugar, maka anda dalam masalah besar. Berpura-pura lemah untuk membuat si pelaku lengah juga bisa menjadi pertimbangan taktik. Hajar saat lengah, lalu lari, cari bantuan. 
Bila anda tertarik untuk belajar bela diri sendiri, anda bisa buka YouTube dan cari bela diri apa yang ingin anda pelajari. Mempersiapkan diri tidak pernah ada salahnya. Justru dengan banyak gerak anda malah semakin sehat. Perlu diingat juga bahwa dalam belajar bela diri, harus latihan secara rutin agar memori otot kita terlatih dengan baik. 
Alternatif lain untuk membela diri adalah dengan menggunakan alat bela diri. Alat kejut listrik atau stungun atau taser, bisa melumpuhkan si pelaku dalam sekejap. Bentuknya pun bermacam-macam, dari yang emang stungun asli hingga yang berbentuk handphone. Atau anda bisa menggunakan pepper spray, semprotan lada. Stungun bisa anda charge, sedangkan pepper spray apabila udah abis, anda harus membeli lagi. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar