Kamis, 03 Juli 2014

OLAH RAGA SAMBIL PUASA...




Puasa seringkali dijadikan alasan bagi seseorang untuk tidak berolahraga. Padahal, olahraga ringan sebenarnya masih bisa dilakukan saat menjalani puasa. Bahkan jika rutin melakukan olahraga, tubuh akan semakin bugar dan mengurangi efek lemas. Lantas kapan waktu yang paling tepat untuk berolahraga saat sedang puasa?

"Saya ingin menegaskan, puasa itu bukan alasan untuk tidak olahraga. Kalau mau tetap bugar saat berpuasa ya seharusnya tetap melakukan olahraga. Lakukan saja yang ringan, tidak perlu yang berat-berat.

sebagai muslim puasa merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan. disisi lain menjaga kesehatan juga suatu keharusan, jadi bagaimana kita bisa melaksanakan kewajiban berpuasa tetapi tetap bisa menjaga kesehatan.

pada saat berpuasa alat pencernaan kita istirahat dari aktivitasnya, sehingga racun" yang tersimpan selama sebelas bulan akan di bersihkan, tetapi efek yang kita rasakan saat berpuasa adalah lemes dan kurang tenaga. itu hal yang wajar dan masuk akal, karena asupan makanan yang terbatas.

tetapi dengan asupan makanan yang terbatas tersebut bukan berarti aktivitas kita terhambat karenanya dengan demikian pada saat puasa kita bisa melakukan olahraga untuk tetap menjaga kesegaran tubuh terutama otot" tubuh yang tidak bisa di istrirahatkan dengan alasan berpuasa.

kalau hari biasa kita normal melakukan aktivitas fisik terutama yangg terbiasa melakukan olah raga. saya sarankan dalam bulan puasa pun aktivitas itu masih bisa dilakukan, dengan catatan kuantitas pengeluaran energi untuk olah raga itu juga diseimbangkan, dengan artian jumlah gerakan dan waktu yang harus di sesuaikan.

waktu yang tepat berolahraga dalam keadaan berpuasa adalah sore hari sekitar pukul 15.00. lama olahraga juga bisa disesuaikan rentang waktunya yaitu antara 30 menit sampai 45 menit.

- JALAN SANTAI adalah olah raga yang ringan dan tidak begitu banyak mengeluarkan energi, jalan santai di lakukan di daerah yang tidak banyak mengandung polusi, tetapi harus di tempat yg kaya oksigen, seperti di taman hijau atau perkebunan dan tempat tempat yang sekiranya banyak menyediakan oksigen yang segar.

- PELEMASAN OTOT adalah hal yg tidak boleh di tinggalkan sebelum melakukan gerakan inti.

- GERAKAN UTAMA , gerakan utama dalam belorah raga di saat kita berpuasa adalah melakukan push up 10 set x 3, setup 8 set x3. serta backup 8 set x 3..

hal yang penting juga setelah melakukan olahraga jangan langsung mandi karena bisa mengakibatkan masuk angin,.

selamat mencoba semoga bermanfaat dan badan kita selalu segar di bulan puasa ini amin....  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar