Selasa, 18 Februari 2014

TEHNIK DAN SIASAT MENGHADAPI KEROYOKAN


Menghadapi lawan lebih dari satu atau yang sering disebut "keroyokan" memang tidak mudah, jika dilihat dari perbandingan kekuatan, mental dan keberanian itu sangat tidak masuk akal jika kita dapat memenangkan pertarungan atau sekedar selamat dari keroyokan, belum lagi kalau musuh kita yang lebih dari satu itu membawa senjata seperti golok, kayu, samurai dan lain-lain. tentunya disini mental kita yang harus menang dulu sebelum fisik, tentunya kalau hal demikian itu akan mempunyai situasi yang berbeda bagi orang yang mempunyai mental dan berlatih seni beladiri dengan orang biasa yang tidak pernah berlatih beladiri.
untuk situasi yang terjepit seperti dikeroyok orang yang tidak di kenal maka dalam blog ini saya akan merangkum dari sumber-sumber yang membahas tehnik atau siasat menghadapai lawan lebih dari satu orang.
jika kita sebagai individu yang sudah mempelajari seni beladiri maka kekuatan fisik haruslah dilatih dengan teratur supaya bisa memenfaatkan energi dan penyalurannya secara efektif dan efisien, karena sudah jelas jika melihat dengan kekuatan fisik akan sangat berat menandinginya, dengan demikian di sinih perlu sedikit siasat dan tehnik yang akurat bukan sekedar mengandalkan kekuatan otot.
Bunkai salah satu tehnik yang mungkin bisa di kembangkan untuk masalah di keroyok bunkai berarti : [1] atau "pembongkaran", [2] adalah istilah yang digunakan dalam seni bela diri Jepang mengacu pada penerapan teknik bertarung diekstraksi dari bergerak dari "bentuk" (kata).

Bunkai biasanya dilakukan dengan pasangan atau kelompok mitra yang mengeksekusi serangan yang telah ditetapkan, dan kita melakukan kata merespon dengan pertahanan, serangan balik, atau tindakan lainnya, berdasarkan bagian dari kata tersebut. Hal ini memungkinkan kitadapat memahami apa gerakan dalam kata dimaksudkan untuk menyelesaikan. Hal ini juga dapat menggambarkan bagaimana meningkatkan teknik dengan menyesuaikan jarak, waktu bergerak dengan benar, dan menyesuaikan teknik tergantung pada ukuran lawan.
hal-hal yang mungkin bermanfaat untuk dilakukan jika kita di keroyok adalah diantanya sebagai berikut : 
  • Berpikir dengan cepat dan responsif terhadap serangan lawan
  • Menyerang target bagian-bagian tubuh yang sangat sensitive (titik lemah manusia)  yang  ada dalam pengetahuan kyusho Jutsu  seperti  kemaluan, ketiak, daerah leher, daerah dada, tangan, kepala, telinga dan mata.
  • Mempunyai senjata andalan pamungkas seperti tendangan mawashi geri ke kepala meigeri ke ulu hati atau pukulan (zuki)  dengan kecepatan yang maksimal, terfokus dan bertenaga.
  • Melakukan gerakan efektif seperti mengelak atau menghindar serta membanting lawan.
  • Lihat sekeling adakah alat yang bisa kita gunakan sebagai perisai atau senjata, bisa apa saja misalnya kursi, potongan kayu, balok, tempat sampah dan lain. tehnik ini bisa dilihat dari tehnik aktor laga jacky chan, dia sangat cerdik memanfaatkan barang/ alat-alat sekitar untuk dijadikan senjata dan perlindungan.
  • Menggunakan teknik kuncian, choke untuk mengancam lawan yang lain.
  • selalu moving dengan cepat dan menjaga jarak dengan lawan kita terlebih dari yang membawa senjata.
  • Fokus pada musuh yang lebih kuat terlebih dahulu dengan tujuan kita bisa menggunakan energi kita yang masih maksimal.
  • Yang lebih penting hindari pergumulan di tanah atau groundfighting, karena hal tersebut akan mengakibatkan kita mati kutu dan susah lepas dari keroyokan.
  • Gunakan dan manfaatkan anggtota tubuh yang lebihsedikit mengeluarkan energi seperti sikut dan dengkul. itu jarang sekali digunakan jika sedang berkelahi, padahal efek mengikut dan mendengkul sangat efektif dan kekuatannya sangat besar untuk melumpuhkan lawan.
  • Bawa musuh kita ke area yang lebih luas supaya kita bisa mengontrol gerakan dan nyerang lawan yang lengah.
  • Hal yang lebih penting kita berdoa ke pada tuhan YME sesuai dengan kepercayaan masing; semoga di selamatkan.
demikian tulisan ini semoga bermanfaat, osh.....semangat berlatih dan terus berlatih,

cos


2 komentar: